Jombang menjadi Tuan Rumah

Pembukaan kegiatan Pameran Gelar Inovasi Teknologi Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura Jawa Timur 2017 yang sedianya akan dibuka oleh Gubernur Jawa Timur, diwakilkan oleh Dr. Ir. H. RB Fattah Jasin, MS Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Setdaprov Jawa Timur.

Agenda yang dihadiri oleh para Kelompok Tani dari Kabupaten/Kota se Jatim ini dipusatkan di Dusun Ponggok, Desa Banjarsari, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Selasa (03/10/2017) pagi.

Bupati Jombang yg juga tengah menghadiri agenda di Provinsi Jatim, diwakili oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Jombang dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Ir. Hj. Tjaturina Yuliastuti Wihandoko, MM, Pembukaan ini dirangkai dengan peringatan hari jadi Propinsi Jawa Timur yang ke 72 yang jatuh pada bulan Oktober.

Dalam sambutannya Fattah Jasin menyampaikan amanah dari Gubernur Soekarwo, bahwa dalam rencana jangka panjang 25 tahun ke depan Propinsi Jawa Timur ingin menjadi penggerak agro ekonomi di Asean. “Jawa Timur mempunyai potensi terbesar perekonomian di Indonesia.

Di bidang pangan, komoditi strstegis seperti padi hampir 13 juta produk dan dikonsumsi sekitar delapan juta. Maka masih surplus hampir lima juta ton. Jagung hampir empat juta ton surplus,” kata Dr. Ir. H. RB Fattah Jasin, MS Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Propinsi Jawa Timur.

Masih menurut Fattah Jasin, untuk bisa bersaing di pasar Asean, kesiapan ini tidak hanya menunggu dari pemerintah. Maka strategi yang harus dilakukan adalah dengan menggelar Inovasi Teknologi Perbenihan Tanaman Pangan dan Hortikultura seperti ini.